Sabtu, 08 Oktober 2016

Panduan Menulis Artikel Bagi Para Blogger Pemula

Bagaimanapun,daya saing blog terdapat pada artikel yg didalamnya,visitor mengunjungi anda blog bukan untuk menikmati template blog yg keren atau melihat seberapa cepat loading blog anda saat diakses,tapi untuk mengetahui apakah blog anda berisi informasi yg dicari,untuk itu dalam membangun blog yg sebaiknya yg dilakukan adalah fokus dalam membuat artikel.

Bagaimana dan seperti apa,tentu masing-masing orang memiliki motode yg berbeda,namun pemula atau awam mungkin masih banyak yg mengalami kendala dalam membuat artikel. beberapa tips dalam artikel ini mungkin dapat menjadi panduan untuk anda menulis artikel yg baik.

http://rahmifajrina.blogspot.com/2016/10/panduan-menulis-artikel-bagi-para.html


Sebelumnya,ada beberapa jenis artikel yg perlu kita ketahui berikut penjelasannya.

Berita
adalah seuatu kejadian yg baru-baru ini terjadi,maupun yg akan terjadi.artikel ini ada pertanyaan dasar yang harus dijawab si pembuat berita yaitu, siapa dan apa topik beritanya,dimana kejadiannya, kapan dan bagaimana terjadinya.

Editorial
Artikel ini memuat opini atau pandangan penulis terhadap suatu topik yg bertujuan untuk menggiring pembaca memiliki pandangan tertentu dalam menilai opini yg di bahas.

Panduan
Memaparkan cara atau instruksi yang jelas kepada pembaca dalam melakukan sesuatu.

Sosok
Artikel mengenai seorang individu,penulis biasanya mendapatkan informasi dengan melakukan wawancara dengan sumber maupun dengan meneliti latar belakang seseorang

Untuk jadi penulis artikel,anda tentukan jenis artikel mana yg dulu yg pingin anda buat,sekarang silahkan simak panduan membuat artikel berikut.

1. Siapa Yg Akan Membaca Tulisan Anda
Sangat penting untuk membuat artikel yg tertarget, seperti tulisan ini contohnya.Tulisan ini diperuntukan bagi bogger yg masih awam dalam pembuatan artikel.tujuannya agar artikel tersebut tetap berada pada jalur. jadi sebelum anda memikirkan ide tulisan target pembaca adalah yg pertama harus ditentukan.

2. Temukan Ide
Artikel berasal dari sebuah ide yg ada dipikiran seorang penulis,ide ini yang dapat dikembangkan menjadi kabar berbentuk tulisan yg disebut dengan artikel.menemukan ide artikel biasanya menjadi tahap yg paling sulit dalam membuat artikel,Kenapa?karena ide kita dah ditulis orang lain duluan.Tak masalah,inilah yang menjadi tantangan,bagaimana anda membuat sesuatu yg baru,bagaimana caranya agar tulisan anda memiliki nilai meskipun berasal dari ide yg sama.

3. Kembangkan Menjadi Artikel Lengkap
Ide tadi kita kembangkan dalam bentuk artikel,dengan catatan biar bermanfaat maka harus mengandung unsur-unsur sebagai berikut

Artikel Yg Menginspirasi
Jika anda menyajikan artikel yg seperti ini,bisa dipastikan blog anda akan banyak dikunjungi.dimana saat seseorang membaca artikel anda dia menemukan bebrapa ide baru yg bisa mengembangkan dirinya melalui blog anda dalam aspek apapun itu.jika dalam konteks blog, dapatkah blog anda memberikan ide bagi mereka blogger yg pemula atau orang yg akan mulai merintis sebuah blog.jika dapat,maka blog anda akan penuh sesak oleh pengunjung.

Artikel Yg Memberi Solusi
Saat ini,banyak orang yg apabila mengalami masalah larinya ke internet,mencari solusi atas apa masalah yg dialaminya jika artikel anda juga menawarkan jalan keluar bagi masalah orang lain,tentu popularitas blog anda juga akan baik,Inilah Beberapa Cara Mudah Menemukan Teman Blogger Satu Kota Dengan Mudah

Artikel Yg Menghibur
Tidak sedikit orang yg menjadikan internet sebagai sarana hiburan,diwaktu-waktu tertentu banyak juga pengguna internet mencari beberapa info yg bersifat menghibur,seperti cerita humor atau tulisan-tulisan lain yg sifanya hiburan,Artikel seperti ini juga dapat menjadi pendukung popularitas blog.

Usahakan agar salah satu dari kriteria tersebut diatas ada dalam artikel yg akan anda tulis.sebagai referensi anda boleh mengintip blog lain,namun demikian tulisan tidak boleh sama atau hampir sama dengan blog lain.coba agar tulisan itu benar-benar muncul dari pikiran anda sendiri.Traffic Blog Menurun,Apakah Akibat Google Dance?

Bagaimana kita tahu artikel tersebut sudah memiliki salah satu dari kriteria diatas? Itu bisa dilihat dari jumlah visitor blog ataupun komentar yg ada di bawah postingan.

4. Sunting Artikel Yg Telah Anda Tulis
Jangan terburu-buru untuk memposting artikel yg sudah anda tulis,sebaiknya anda cek kembali untuk menghindari kesalahan kosa kata,tanda baca maupun padanan kata yg kurang jelas,camkan bahwa artikel anda diperuntukkan bagi orang lain.kesalahan sekecil apapun bisa membuat mereka merasa tidak nyaman.jadi hal ini sangat perlu dihindari.

Itulah beberapa panduan dalam menulis artikel yg baik bagi pemula,kemampuan menulis akan bertambah mantap selama anda tetap konsisten.selamat berkarya.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Blog Archive

Blogger templates